Seruan Ketua PC Pergunu Kulonprogo Pada Harlah Pergunu Ke-71

Pergunu DIY –WATES Perkumpulan keguruan menjadi aset penting masyarakat dan Pergunu merupakan kapital jamiyyah Nahdlatul Ulama. Ketua Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Kulonprogo,  Rahmat Agus Salim SAg mengajak segenap pengurus untuk sekuat tenaga memelihara dan menghidup-hidupkan organisasi melalui iuran berkala setiap bulan sekali. Demikian seruan top leader Pergunu Kota west Prog tersebut di kantornya MI Ma’arif Karangwuni Wates pada Rabu 29/3/23.

Pergunu Kulonprogo senantiasa berupaya aktif dalam kegiatan keprofesian ataupun perkumpulan di tingkat lokal pun nasional. Baru-baru ini kami juga mengirimkan dua delegasi yakni sekretaris  Mussonif SPd dan Yoga Aditya Sumantri SPd MPd untuk mensukseskan Rakornas Pergunu pada Selasa-Rabu, 21-22 Maret 2023 di Pacet Mojokerto.

Pergunu Kulonprogo memiliki anggota cukup banyak, pengurus dan anggota tercatat saat ini ada tiga ratus guru. Anggota tersebar di 12 kapanewon se Kulonprogo. Terdiri dari guru negeri dan swasta dari tingkatan RA/ TK, SD/MI, SMP/ MTs, SMA/ SMK/ MA.  “Untuk kelancaran perkumpulan kami berlakukan iuran bulanan anggota lima ribu rupiah”, imbuhnya.

Guna menjalankan program Pergunu Kulonprogo membentuk sejumlah departemen yakni Departemen Pendidikan dan Latihan dengan koordinator Nanang Arif Mustofa SAg,  Departemen Riset dan Pengembangan dengan koordinator Titin Wayanah SPdI, Departemen Ekonomi dan Koperasi dengan koordinator Putri Aniningsih SPd, Departemen Pembinaan Mental ASWAJA dengan koordinator H Suharta SAg MPdI, Departemen Seni Budaya dengan koordinator Yusuf Pramudiyono SAg, dan Departemen Ke-Madrasahan dengan koordinator Dra Siti Muslimah MPd.

Pergunu memiliki tanggung jawab utama merencanakan dan melaksanakan pengajaran dan pendidikan. Membantu masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan mutu sumber daya sehingga tercipta kualitas pendidikan, keadilan dan kesejahteraan.

Pada kesempatan Hari Ulang Tahun (Harlah) Pergunu yang ke-71 (31 Maret 2023) R Agus Salim berpesan kepada insan Pergunu, kepada guru-guru untuk memiliki jiwa kesabaran dan belajar terus menerus. Sepuluh-lima belas tahun kedepan pendidikan yang maju di Kulonprogo kita mulai dari sekarang.

“Guru Mulia Membangun Peradaban Bangsa” yang merupakan tema Harlah Pergunu tahun ini menjadi momentum bagi setiap guru untuk terus berkiprah di masyarakat. Kita berupaya wujudkan madrasah yang besar dan bagus di Wates Selatan. Jika guru maju dan sekolah-madrasah maju, insyallah masyarakat Kota Menoreh juga akan maju. Demikian R Agus yang juga kepala MI Ma’arif Karangwuni Wates ini berkomitmen. Bj