IKHAC GREEN CAMPUS

Pergunu DIY –MOJOKERTO– Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) merupakan cikal bakal universitas yang terlahir dari cita-cita luhur demi terwujudnya perguruan tinggi berskala internasional sebagaimana Universitas Al-Azhar, Jamiát Al-Azhar As-Syarif, Kairo Mesir, universitas swasta Harvard University Massachusetts Amerika Serikat, Universitas Paris Sorbonne Perancis, dan di Indonesia ada Universitas KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto Jawa Timur.

IKHAC didirikan K H Asep Syaifuddin Chalim MA pada tahun 2015. Institut saat ini membuka program S1, S2, dan S3. Program sarjana meliputi tiga fakultas yakni Tarbiyah, Syariah dan Dakwah & Ushuludin. Program magister yakni manajemen pendidikan Islam (MPI) dan pendidikan agama Islam (PAI) dan program doktoral pendidikan agama Islam (PAI).

IKHAC dibangun dengan konsep kampus hijau. Gedung fakultas, masjid, perpustakaan, kantin, hingga asrama semua bercorak hijau. Gedung setiap fakultas terpisah dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Kecuali Fakultas Dakwah dan Ushuluddin menyatu dengan Fakultas Tarbiyah. Setiap gedungnya diperindah dengan ornamen-ornamen unik dan kolam ikan.

Cikal bakal IKHAC menuju universitas berkelas dunia

Kampus IKHAC berada di dataran tinggi pegunungan yang eksotik. Lingkunganya bersih dan asri. Taman-taman dan bunga-bunganya yang elok sedap dipandang. Mahasiswa dari berbagai penjuru nusantara nampak nyaman dan senang belajar di green campus ini. Tidak sedikit mahasiswa asing menimba ilmu di kampus Bumi Majapahit ini, Maroko, Sudan, India dll.

Kampus hijau yang terletak barat daya Surabaya tersebut dikelilingi tiga gunung di Jawa Timur, yaitu Gunung Welirang, Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuno. Eko sistem alami IKHAC sangat baik dan strategis untuk belajar. Meskipun kampus jauh dari keramaian kota namun dekat dengan akses sumber kebutuhan harian. Mahasiswa tidak perlu berpergian jauh untuk mencari kebutuhan yang diinginkan.

Fasilitas IKHAC cukup memadai meski baru 5 tahun berdiri. Ruang perkuliahan representatif,  multimedia model, akses internet, perpustakaan, masjid, aula, guest house, swalayan, kantin, bus kampus, klinik kesehatan dll. Bagi mahasiswa penerima beasiswa mendapatkan program pondok pesantren, fasilitas asrama dan makan sebanyak 3 kali sehari. Beasiswa nasional dibuka setiap tahun. Seleksi dilakukan di 33 provinsi di Indonesia.  

Sekian, sedikit informasin mengenai GREEN KAMPUS IKHAC. Nantikan infromasi-informasi selanjutnya, yakni IKHAC berbasis pesantren. Kepada para pembaca semuanya kami ucapkan terimakasih. See You!

Reporter : Aprilia Dewi