Jelang Pelantikan, Tim 9 Gelar Panggung Silaturahim Calon PW Pergunu DIY

Pemantapan Calon PW Pergunu DIY
Pemantapan Calon PW Pergunu

Pergunu DIY –Yogyakarta– Tim Sembilan menggelar pertemuan pemantapan calon Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) DIY. Agenda pertemuan tersebut yakni penyampaian kesediaan dan pemantapan menjadi pengurus Pergunu DIY masa bhakti 2021-2025. 

Ketua Tim Sembilan, Fauzan Satyanegara mengatakan pertemuan ini merupakan pelaksanaan tugas formatur dalam pembentukan kepengurusan.

Pemantapan calon pengurus merupakan panggung perkenalan dan pemantapan kesiapan calon menjadi pengurus yang akan bekerja untuk lima tahun kedepan sebagai PW Pergunu DIY.   

“Cepat merespon persoalan keguruan, bertindak efektif-efisien, bekerja kolaboratif bagaimana organisasi bisa melayani dan memberi manfaat. Sebagaimana jiwa Nahdlatul Ulama maka kerja-kerja PW Pergunu harus didasarai dengan keikhlasan dan perjuangan”.

Demikian 4 hal pokok yang disampaikan ketua terpilih PW Pergunu DIY, Samsul Maárif Mujiharto dalam kancah pemantapan calon pengurus di Kantor PWNU DIY, Jumat (23/4/21).    

Trickle down effect bisa dirancang Pergunu. Jika PW Pergunu DIY baik dan solid berikutnya akan mengalirkan manfaat ke PC Pergunu turut baik, demikian juga MWC Pergunu ikut baik dan efek menetesnya mudah-mudahan sampai jauh hingga ke tingkat kepengurusan ranting.  

Samsul menambahkan, Pergunu merupakan organisasi profesi dan wadah perjuangan guru, dosen, ustad ustadzah nahdiyyin.

Dalam komposisi kepengurusan mempertimbangkan keterwakilan sumber daya kabupaten-kota, gender, penguasaan data, issue dan opini, merdeka dalam pendanaan, cerdas dalam kontestasi politik, dan berpedoman pada kebutuhan anggota program garapannya.  

Suasana panggung perkenalan meriah. Hadir calon PW Pergunu dari semua formasi; Ketua, Wakil-wakil, Kesekretariatan, Bendahara, dan semua Divisi. Yaitu Divisi Data dan Informasi, Keanggotaan-Kadererisasi dan Aswaja, Peningkatan dan Profesionalisme Guru, Peningkatan Kesejahteraan Guru, Hukum dan Advokasi, serta Ekonomi dan Koperasi.

Mereka, para calon pengurus, menyatakan kesediaanya menjadi PW Pergunu DIY 2021-2025.  

Turut hadir dalam ajang pemantapan tersebut, Sekjen Pengurus Pusat (PP Pergunu), Achmad Zuhri MIKom menuturkan bahwa Pergunu secara nasional menduduki peringkat tiga-empat terbesar organisasi besar profesi guru di Indonesia.

PP memberi kekhususan waktu bahwa Ketua Umum PP Pergunu, Prof Dr H Asep Saefuddin Chalim MPd akan hadir dalam pelantikan PW Pergunu DIY Mei mendatang. (Bj)