Uji Publik Kurikulum MTs Nur Iman Mlangi, Madrasah Berbasis Pesantren.

PERGUNUSleman-MTs Nur Iman Mlangi Gamping Sleman  menggelar Uji Publik Kurikulum tahun pelajaran 2022/2023 dan Workshop Kurikulum pada hari Selasa (2/8)  bertempat di Gedung Aula MTs Nur Iman Mlangi Lantai 1. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MTs Nur Iman Mlangi tahun pelajaran 2022/2023 sudah melalui berbagai tahapan. Dimulai dari penyusunan oleh tim pengembang kurikulum, dilakukan review oleh beberapa pihak, dilanjutkan dengan revisi, dan uji publik kurikulum bersamaan dengan pengesahan oleh pengawas Madrasah kabupaten Sleman Drs. H. Harjaka, S.Pd., M.Pd.I.

Kegiatan Uji Publik Kurikulum juga di hadiri oleh Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kementerian Agama DIY, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd. M.Hum. Sekaligus menyampaikan Workshp Kurikulum Merdeka. Beluai memberikan beberapa masukan terkait Redaksi yang di cantumkan dalam dokumen kurikulum Mts Nur Iman.

Kegiatan Uji Publik dan Workshop Kurikulum di awali dengan pembukaan oleh MC, Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, menyanyikan lagi Indonesia Raya dan Yalal Waton dilanjutkan sambutan dari kepala madrasah dan di buka secara resmi oleh Pengawas Madrasah Drs. H. Harjaka, S.Pd., M.Pd.I. 

Aminuulah, M.H. Kepala Madrasah Tsanawiyyah Nur Iman Mlangi menuturkan bahwa kurikulum ini menjadi core madrasah sebagai jembatan untuk mewujudkan mimpi dan tujuan madrasah Tsanawiyyah Nur Iman yang berada di bawah Yayasan Nur Iman Mlangi yang berbasis Pesantren Sehingga perlu disusun dengan serius agar kurikulumbenar-benar menjadi pusaka di Madrasah Tsanawiyah ini selama satu tahun kedepan dan seterusnya.

Sementara itu Ahmad Faozi, S.Psi. Bidang Kurikulum MTs Nur Iman menyampaikan bahwa pendidikan tidak hanya mengacu pada materi yang di sampaikan oleh guru secara tekstual dan metode ceramah di depan kelas, tetapi juga pada nilai karakter dan sikap seperti halnya Kurikulum 2013 disusun untuk mengembangkan potensi siswa dalam tiga ranah yaitu kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hal ini juga selaras dengan jargon MTs Nur Iman yaitu mencetak generasi yang cerdas, kreatif dan berbudi luhur.

“Secara khusus Kurikulum MTs Nur Iman Mlangi disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, belajar untuk memahami dan menghayati kebangsaan dan ajaran Islam, belajar untuk mampu berperilaku yang mencerminkan akhlak mulia, belajar untuk berpikiran maju, cerdas, dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang inovatif, efektif,  partisipatif, dan menyenangkan., belajar untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilan, belajar mengasah diri untuk mengembangkan minat, bakat dan  prestasi, belajar untuk memahami dan memposisikan diri sebagai siswa madrasah yang berbasis pesantren. Belajar untuk mengamalkan nilai nilai Ahlussunah Wal Jama’ah Annahdiyyah”. Paparnya.

Proses Uji Publik Kurikulum tahun pelajaran 2022/2023 ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sleman juga  dari Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kementerian Agama DIY, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd. M.Hum. Terutama kepada tim penyusun kurikulum yang telah menyajikan secara sistematik dan menyeluruh serta mecakup keunikan tersendiri dari kurikulum yang di susun.

“Kami sangat mengapresiasi MTs Nur Iman Mlangi yang telah bekerja keras menyusun kurikulum dengan baik. Dan tadi saya lihat juga bahwasanya madrasah ini telah memperoleh beberapa prestasi seperti menjuarai KSM baik tingkat Kabupaten maupun provinsi. Terus melangkah kita pasti bisa meski dengan segala keterbatasan, termasuk sarana dan prasarana di madrasah ini.” Tuturnya.

Uji Publik kurikulum Madrasah MTs Nur Iman Mlangi tahun pelajaran 2022/2023 diahiri dengan pengesahan dokumen KTSP oleh pengawas madrasan dan dilanjutkan pemaparan Workshop Kurikulum tentang Kurikulum Merdeka oleh Bu Anita.

Anita menyampaikan, Kemenag baru-baru ini menetapkan  pedoman penyelenggaraan kurikulum Merdeka di Madrasah. Regulasi yang tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah ini disahkan pada 5 April 2022.

Pedoman Implementasi ini tentunya menjadi panduan bagi madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan di madrasah sesuai karakteristik kebutuhan dan pengelolaan pendidikan di madrasah. Selain itu, pedoman kurikulum merdeka pada madrasah ini juga bertujuan untuk memberikan kemandirian madrasah dalam mengelola pendidikan dan pembelajaran. Tentunya guna peningkatan kualitas dan daya saing madrasah.

“Pembelajaran berpusat kepada siswa itu artinya menghidupkan mesin belajar yang ada di dalam diri setiap siswa,” ujarnya.

Dalam penerapannya, kurikulum Merdeka SMP atau MTs lebih mengacu pada dua aktivitas utama, yakni: pembelajaran berbasis intrakurikuler serta proyek penguatan siswa dalam hal membangun karakter profil Pelajar Pancasila.

Saat ini dalam penyusunan KTSP Madrasah atau Sekolah terdapat tambahan satu poin dalam Dokumen I KTSP. Yakni Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin. Yaitu penguatan karakter madrasah dan  peserta didik yang mengarah pada penguatan sikap baik spiritual, sosial maupun kebangsaan.