PW Pergunu DIY Buka Beasiswa 2021

PROGRAM SARJANA, MAGISTER DAN DOKTOR

Penerima Beasiswa Pergunu DIY 2020
Penerima Beasiswa Pergunu DIY 2020

Pergunu DIY –YOGYAKARTA– PW Pergunu DIY membuka beasiswa S1, S2, dan S3 kuliah di Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto. Kuota penerima beasiswa DIY S1 lima orang, S2 dua orang, dan S3 satu orang. Beasiswa meliputi biaya uang gedung, sumbangan pembinaan pendidikan, asrama pesantren, dan pengajian pesantren. Demikian Samsul Ma’arif Mujiharto mensosialisasikan di forum silaturahim halal bihalal Pergunu DIY virtual, Selasa (25/05/2021).

Pergunu memberi kesempatan putra-putri warga DIY; Bantul, Gunung Kidul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Sleman untuk meraih beasiswa ke-7 IKHAC. Pendaftaran dilayani Mei s.d. 15 Juni 2021. Tes seleksi akademik dan non akademik pada Rabu 16 Juni 2021. Pengumuman seleksi Ahad 20 Juni 2021. Begitu Ketua PW Pergunu DIY tersebut menjelaskan.

Ada berbagai pilihan fakultas dan program studi yang disediakan IKHAC Mojokerto. Fakultas Tarbiyah dengan lima Jurusan; Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Agama Islam, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Fakultas Syariah menyediakan tiga jurusan; Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan Ahwalus Syahsiyah. Fakultas Dakwah dan Usuludin dengan dua jurusan; Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan Ilmu Qur’an dan Tafsir.

Pasca Sarjana (S2) menyediakan dua program studi yaitu Manajemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan Agama Islam. Dan Program Doktoral (S3) dengan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Kompetensi sumber daya manusia (SDM) kedepan penentu indeks kualitas bangsa. Program Beasiswa Pergunu-IKHAC 2021 dimaksudkan menyiapkan generasi masa depan yang tangguh, unggul, dan humanis. Meningkatkan daya saing nahdiyyin pada tingkat lokal, nasional, dan global. Mengangkat kualitas SDM Indonesia, khususnya warga nahdiyyin.

Sebelumnya disiarkan bahwa Pimpinan Pusat Pergunu (PP Pergunu) telah bekerja sama dengan IKHAC Mojokerto dengan memberikan beasiswa S1, S2, dan S3 sebagai tindak lanjut hasil rapat kerja nasional (Rakernas) IV PP Pergunu di Bumi Majapahid, Mojokerto Jatim (28/03/2020). Program beasiswa ini ditujukan kepada seluruh PW Pergunu se-Indonesia. IKHAC Mojokerto memberikan beasiswa sejak 2015 untuk mahasiswa dalam dan luar negeri. Pada tahun ke-7 beasiwa tidak hanya diberikan untuk program sarjana, pasca sarjana namun juga doktoral.

Syarat penerima beasiswa mendaftar. Persyaratan khusus mengisi formulir dan pernyatan kesanggupan mengikuti program kampus dan pesantren. Memiliki ijazah, kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), Surat Berkelakuan Baik dari Kepolisian, kartu badan penyelenggara jaminan kesehatan (BPJS), dan pas photo (3×4, 4×6).

Hal ihwal pelayanan dan konsultasi beasiswa Pergunu DIY kerjasama PP Pergunu-IKHAC 2021 dapat menghubungi Yasfi Kandias di 0856 0213 7193 atau Rahma Attaymini di 08977491919. Berkas administrasi pendaftaran dapat dikirim ke Pondok Pesantren Afkaaruna Jl Kaliurang Km 12.5 Dusun Pelem Harjobinangun Pakem Sleman DIY Soft file dikirim ke [email protected] (Bj)