Pasca Konggres III, Pergunu DIY Pupuk Semangat Tebar Manfaat

Pergunu DIY -MANTRIJERON- Dalam rangka silaturahim antar PC PERGUNU se DIY, PW Pergunu DIY mengundang seluruh pengurus PW Pergunu DIY beserta seluruh jajaran Pengurus  Cabang Pergunu Se-DIY, Dalam Hal ini ketua dan sekretaris atau yang mewakilinya, pada  Ahad, 5 Juni 2022 16.30 – 18.00 di Kantor PWNU DIY Jalan MT. Haryono No. 42 Mantrijeron Yogyakarta.

Dalam pertemuan ini di awali baca Al-Fatihah dan shalawat  tibilqulub yang di pimpin oleh Yaswi Kandias selaku wakil sekretaris dilanjutkan sambutan oleh Ketua PW Pergunu DIY Dr Samsul Ma’arif Mujiharto.

Samsul menyampaikan sekilas rangkaian Kongres III yang berlangsung pekan lalu 26-29 Mei 2022 di Pondok Pesantren Amanatul Umah Pacet. Samsul Ma’arif menyampaikan bahwa kongres memberikan kesan yang sangat luar biasa, memberikan suntikan semangat baru untuk kita semua untuk terus maju dan berjuang di Pergunu.

Samsul juga menyampaikan bahwa Pergunu DIY akan menyelenggarakan kegiatan sekala nasional, Guru NU Award. Samsul meminta kepada PP PERGUNU untuk mensuport kegiatan tersebut yang di rencanakan paling tidak bisa memberikan hadiah yang menarik, umroh dan tropi atau piagam penghargaan untuk pemenagnya nanti.

Pertemuan ke dua setelah hari Raya Idul Fitri ini sangat menarik lantaran peserta memenuhi ruangan rapat. Selain itu juga dihadiri oleh Sekretaris Jendral PP pergunu Muhammad Zuhri yang juga memberikan sambutan.

Dalam sambutanya sekjen PP PERGUNU menyampaikan bahwa kepengurusan masih dalam pembentukan Formatur. Beliau menyampaikan bahwa DIY juga bisa mengusulkan untuk kepengurusan Pusat yang sekiranya mempunyai kompetensi menjadi pengurus.Termasuk dari kaum perempuan yang masih sangat minim di kepengurusan pusat. Menurutnya perempuan juga harus banyak terlibat di kepengurusan.

Terkait agenda Guru NU Award yang di rencanakanoleh PW Pergunu DIY beliau juga menanggapi bahwa pengururs pusat akan mendukung penuh kegiatan tersebut lantaran skala kegiatan tersebut yang bersifat nasional juga termasuk agenda yang sudah di rencanakan oleh Pengurus Pusat.

Zuhri juga menyinggung terkait program POP PC Bantul yang di rencanakan  minggu depan akan mulai kembali. Selain itu beliau mengintruksikan kepada  pengurus Cabang pergunu yang ada di DIY untuk segera mendaftarkan ke Badan KESBANGPOL agar dikoordinir pengurus wilayah.

Setelah sekitar satu tahun di bentuk, dalam pertemuan ini juga diadakan laporan progres program masing pengurus cabang.

Diawali dari pengurus cabang Bantul yang menyampaikan bahwa pengurus cabang bantul akan mengadakan Wibinar Kewirausahaan yang akan dilaksanakan waktu dekat. Dari pengurus cabang Bantul menyampaikan bahwa data guru NU (SIMAS) sudah dilakukan di Bantul sampai  hari ini 180 anggota yang terdaftar dalam SIMAS PERGUNU.

Dilanjutkan laporan dari Pengurus Cabang Kulon Progo yang dalam laporanya menyampaikan bahwa pengurus cabang Kulon Progo akan mengadakan  Sosialisi Kurikulum bekerja sama dan telah sepakat dengan LP Maarif Kulon Progo yang akan dilaksanakan waktu dekat. Materi yang akan di sampaikan dalam kegiatan tersebut direncanakan adalah terkait Kurikulum Merdeka secara umum yang sudah dipersiapkan kerangkanya dan akan disampaikan ke ketua PW Pergunu DIY secepatnya.

Sementra pengurus cabang Kota jogja melaporkan bahwa pengurus sudah Bekerjasama dengan MWC NU Kota Jogja (9 MWC NU) dari 14 MWC, kebanyakan dari madrasah diniyah dan ponpes melakukan rekrutmen anggota untuk gabung dengan PERGUNU dengan agenda kegiatan yang di rencanakan yaitu Pendidikan anti korupsi dan seminar guru.

Pertemuan ditutup dengan tawaran koordinasi berkala disampaikan oleh Fauzan Satyanegara, Sekretaris PW Pergunu DIY bahwa rapat rutin Pergunu DIY minggu ke-2  berikutnya dilaksanakan di pengurus cabang secara bergantian. (Af)