Halal Bihalal Pergunu Virtual; Prof Hasyim Aidid Ajak Piara Kemenangan

PP Diseminasi Koperasi dan Beasiswa IKHAC

Dr Affan Hasnan diseminasi beasiswa S1, S2, dan S3
Dr Affan Hasnan diseminasi beasiswa S1, S2, dan S3

Pergunu DIY –Jakarta– Tugas utama Pergunu mendidik generasi sehingga bangsa kita kuat dan maju. Mari saling mendoakan dan memaafkan. Ramadan telah menggembleng  jasmani dan ruhani dengan beragam amaliah di dalamnya; berpuasa, salat malam misalnya. Demikian Prof Hasyim Aidid dalam tausiyah Halal Bihalal Pergunu Virtual, Selasa (18/05/2021).

Idul fitri momentum kita kembali fitri. Mari memelihara kemenangan ini. Meningkatkan syukur atas kurnia-Nya Allah Ta’ala. Menjaga kesehatan, berjemur, ikuti protokol kesehatan, dan taati kebijakan pemerintah. Hasbunallah … adalah senjata ampuh kita, sehingga kita terhindar dan selamat dari wabah virus sars covid-19.  Begitu Dewan Penasehat PP Pergunu tersebut menguatkan tausiyahnya.

Sambutan ketua umum. Semoga Allah Ta’ala menerima amal ibadah kita dibulan ramadan. Mari berusaha meraih visi Pergunu. Mewujudkan pendidikan berkualitas, meningkatkan kompetensi guru, kesejahteraan, dan advokasi. Pengurus harus solid dan kuat sehingga program bisa dijalankan.Terus bergerak bersemangat mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan damai.

Mulailah dari yang kecil, kemudian yang lebih besar dan global. Meningkatkan sinergisitas, jalin komunikasi, dan senantiasa mengevaluasi kemajuan dan kelemahanya. Jika perlu lakukan studi banding antar pengurus, amati tiru lalu modifikasi  (ATM). Bersama kita dapat mewujudkan cita-cita Pergunu untuk turut serta berkontribusi dalam kemajuan pendidikan Islam dan nasional. Demikian sambutan Ketua Umum Pergunu yang diwakili Dr Ruswa MA.  

Diseminasi koperasi perhimpunan oleh Dr Aris Adi Laksono. PP Pergunu terus melakukan upaya sistemik dalam upaya peningkatan kompetensi, kesejahteraan, advokasi, dan apresiasi guru. Koperasi Pergunu Berkah (KPB) telah resmi mendapatkan ijin Kemenkumham, SIUP dan NIB.

Keanggotaan KPB untuk seluruh anggota Pergunu se Indonesia. E Comerce starup usaha saat ini kedepan merambah ke retail businesses. Istimewanya KPB sudah seperti CV atau PT sehigga bisa ikut tender. Alhamdulillah KPB telah bekerja sama dengan Kemendikbud, SIPlah. Melalui KPB ini harapanya Pergunu semakin berdaya kelembagaanya dan menambah sejahtera gurunya. Begitu PP yang juga Kepala MTsN 35 Jakarta tersebut menambahkan.

“Menjadi pengurus bukanlah sekedar titip nama, namu benar-benar bekerja sehingga perkembangan Pergunu lebih masif lagi”. Demikian Ketua PP Pergnunu tersebut menggelorakan spirit kepengurusan.

Sosialisasi beasiswa S1, S2, dan S3. Pergunu bekerjasama dengan Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto Jawa Timur. Masing-masing provinsi mendapatkan kuota;  4 orang untuk program S1, 2 orang untuk S2, dan 1 orang untuk S3. IKHAC  memberikan program beasiswa berkesinambungan tahun ini yang ke-7.  Penerima beasiswa wajib di asrama. Fasilitas beasiswa lamanya  4 tahun untuk S1, 2 tahun S2, dan 1 tahun S3. Demikian Dr Affan Hasnan memaparkanya.

IKHAC mohon bantuan PW Pergunu turut memantau perkembangan studi mahasiswanya. Prioritas tahun ini laki-laki. Kelengkapan syarat administrasi harus dipenuhi. Usahakan mahasiswa memiliki BPJS. IKHAC adalah kampus ahlussunnah wal jamaah. Mahasiswa akan mendapatkan penguatan aqidah ahlussunah wal jamaah dan karenanya wajib beramaliah ahlussunah waljamaah. Demikian Pembantu Rektor III IKHAC tersebut menegaskan.

Ikrar Halal Bihalal Pengurus Wilayah diwakili; H Sururi PW Pergunu Jawa Timur, Agus SPdI PW Pergunu Papua Barat, J Haris MPd PW Pergunu Kalimantan Barat, M Hamdani PW Pergunu Nanggro Aceh Darussalam, M Asy’ari PW Pergunu Sulawesi Tengah, H Makhfud PW Pergunu Bali, M Thamrin PW Pergunu Nusa Tengara Timur, dan HM Faojin MPdI PW Pergunu  Jawa Tengah  yang kemudian diterima jawabnya M Jakfar mewakili segenap PP Pergunu.

Halal Bihalal Pergunu Virtual yang diikuti 200 partisipan tersebut berjalan meriah dan sukses. Bertindak selaku pemandu acara Achmad Zuhri MIKom, Muslim Badrudin SAg pembaca Kalam Ilahi dan Salawat Nabi, Prof Hasyim Aidid mauizoh hasanah, Dr Affan Hasnan sosialisasi beasiswa, Dr Aris Adi Leksono sosialisasi koperasi, dan Samsul Ma’arif Mujiharto doa penutup. (Bj)