Ikhtiar Batiniyah, SMP VIP Pesawat gelar Ruqyah Masal

MPLS SMP Pesawat

Pergunu DIY –WATES– Acara pengenalan siswa baru atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), SMP VIP Pesawat melakukan acara ruqyah masal dengan mengikutsertakan 114 siswa yang terdiri dari 58 siswa putra dan 56 siswa putri, di aula kampus SMP.

Ruqyah masal ini merupakan rangkaian terakhir dari 3 hari pelaksanaan MPLS sejak tanggal 13 Juli 2022 sampai dengan 15 Juli 2022, hari ini.

“Kami memulai MPLS sejak hari Rabu (13 Juli 2022) dengan serangkaian acara yang menarik untuk siswa baru, ada adaptasi sekolah, motivasi, pengenalan baris berbaris, kesehatan di pesantren, dan hari ini ruqyah masal, kata Ketua MPLS, Trisna Widyastuti.

“Ruqyah merupakan acara terakhir sebelum penutupan MPLS, mempunyai tujuan agar semua siswa baru diberikan nilai spiritual, ketaatan, kedisiplinan, empati dan prestasi di bawah ridho Allah swt”, tambah Trisna.

Acara ruqyah masal yang sudah dilakukan sejak 5 (lima) tahun yang lalu (2017) dipandu oleh KH. Achmad Suadi, Ustadz Namiruddin Naqi. Ustadzah Qorriy Aina dengan membaca doa khusus.

Salah satu peruqyah, Ustadzah Qorriy Aina menyampaikan panduannya kepada siswa baru untuk dipahami. “Kami nanti meruqyah dengan metode pembacaan ayat al-Quran (QS Al-Qadr, QS Al Zalzalah, QS Al-Ikhlas, QS Al-Falaq dan QS An-Naas) dan ditutup dengan Shalawat sambil memegang ubun-ubun si anak kemudian didoakan, kata Qorriy.

“Dengan metode ruqyah seperti itu, peruqyah meniatkan, bismillah nawaitu untuk membersihkan kotoran hati siswa semoga diberikan kebersihan pikir, kejernihan akal, dan kemudahan menerima pelajaran, imbuh Qorriy.

Selepas acara ruqyah pada Jumat (15 Juli 2022), MPLS ditutup dan siswa pada minggu depan sudah mulai tetap muka untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) di kampus SMP VIP Pesawat. (Novi)