Ketua PWNU DIY Senang Pergunu Miliki Keberanian

Pergunu berkah
Pergunu berkah

Pergunu DIY –MLATI– Jogja yang istimewa untung bilamana Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) senantiasa bergerak dan bersinergi dengan berbagai fihak. Nahdlatul Ulama kian besar dan kuat bilamana Pergunu berdaya dan turut berkiprah meninggikan derajat mutu pendidikan di Yogyakarta.

Kegembiraan dimasa yang akan datang seyogyanya dimulai sedari sekarang. Bangkit lebih cepat berdaya lebih kuat dibidang pendidikan bisa menjadi ukuran dan jaminan. Penting bagi Pergunu untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengajaran bagi guru-guru NU.

Pengurus Wilayah (PW) Pergunu DIY bekerjasama dengan Pengurus Cabang (PC) Pergunu Bantul, Gunungkidul, Kota Yogyakarta, dan Kulonprogo selenggarakan Training of Training Kurikulum Merdeka (ToT IKM) untuk jenjang pendidikan SD-MI, SMP-MTs, dan SMA-SMK-MA, pada Sabtu-Ahad, 8-9/10/22.

Terselenggaranya ToT IKM atas dukungan berbagai fihak. Yakni PC Pergunu se-DIY, Al Azhar Yogyakarta, Perkumpulan Peduli Indonesia Belajar (Pilar), dan Pengurus Pusat (PP) Pergunu. Pelatihan untuk pelatih yang mendatangkan narasumber dari salah satu tim perumus Kurikum Merdeka tersebut menyasar guru-guru NU yang berdinas di lembaga pendidikan negeri dan swasta di DIY.  

Guru-guru partisipan ToT IKM mendalami dan mempelajari mata diklat Kurikulum Merdeka dari nara sumber profesional dan nasional. Yakni Drs Sarwa Eka (Fasilitator Sekolah Penggerak Kemendikbudrisete), Sari Oktaviana MA (Penyusun Buku dan Kurikulum Merdeka Kemendikbud ristek), dan Hj Nur Jannah MSi (Koordinator Peningkatan kompetensi dan Profesionalisme Guru PW Pergunu DIY).

Refleksi paradigma pembelajaran baru bersama Sari Oktaviana MA

Sebaik baik guru NU adalah yang profesional dan pejuang. Pemerintah perlu dibantu. Sosialisasi dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek) meminta semua fihak bergerak. Pergunu DIY sebagai organisasi profesi siap mendukung dan berkontribusi.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DIY, Dr KH Zuhdi Muhdlar M Hum memberikan apresiasi tinggi atas terselenggaranya ToT IKM yang dilaksanakan di Student Center Al Azhar Yogyakart ini. “Saya selalu mengikuti perkembangan lembaga dan badan otonom PWNU DIY. Dan saya senang Pergunu memiliki keberanin menyuarakan urusan pendidikan langsung kepada DPR”.

Insan Pergunu hendaknya giat dan benar-benar menjadi santrinya para kiyai wabil khusus santrinya KH Hasyim Asy’ari. Agar Pergunu berkembang maju hendaknya rukun syarat dan asas organisasi dijaga dan dijalani. PWNU DIY akan mengadakan Turba LP Ma’arif. Ditemani Pergunu berkunjung ke sekolah-madrasah akan lebih baik. Demikian Kiyai Zuhdi yang juga ketua BPH SDNU Yogyakarta tersebut menguatkan. (Bj)