Kunker Perdana PW Pergunu DIY Ke Kulonprogo

Kunjungan Kerja (Kunker) PW Pergunu DIY
Kunjungan Kerja (Kunker) PW Pergunu DIY

Pergunu DIY –Temon– Kebangkitan guru Nahdlatul Ulama D.I. Yogyakarta menguat dari Kota West Prog. Belum lama ini guru-guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kulonprogo melakukan konsolidasi dan ekspansi. Daya pembelajarnya sangat baik. Berhasil membentuk kepengurusan organisasi profesi guru NU sampai di tingkat kapanewon. Terbentuk Pengurus Anak Cabang (PAC) Pergunu Lendah dan PAC Pergunu Galur.

PC Pergunu Kulonprogo mengantongi sejumlah program strategis. Yakni bimbingan teknis pembelajaran guru berbasis IT, pembelajaran matematika yang menyenangkan, pendidikan keaswajaan dan pengukuhan PAC Pergunu di dua kapanewon. Pekan ke-3 Oktober ini akan menggelar hajat organisasi, konferensi cabang dan reorganisasi. Demikian Najmuddin MPdI ketua PC Pergunu yang juga mantan kepala MTsN dua periode tersebut menuturkan.

Belum lama ini Pengurus Wilayah (PW) Pergunu DIY lakukan kunjungan kerja ke Kulonprogo, Kamis (30/9/21). Hadir jajaran PC Pergunu Kulonprogo; Najmuddin MPdI (Ketua), Ilyasin MPd (Wakil Ketua), Rohmat Agus Salim SAg (Sekretaris), dan Arifudin SAg (Ketua PAC Pergunu Galur). Ketua PW Pergunu DIY, Samsul Ma’arif Mujiharto menyampaikan bahwa kehadiran PW ke Kulonprogo  merupakan prioritas turba pengurus wilayah pasca pelantikan.

Samsul mengajak jajaran PC Pergunu untuk menjadikan Pergunu betul-betul organisasi profesi. Wadah keahlian yang inspiraratif dan progresif. Pengurus seyogyanya mampu bertindak sigap. Melakukan akselerasi pun eksplorasi terhadap kebutuhan  dan kerja-kerja keguruan. Memiliki daya juang dan komitmen. Sedikit orang tidak mengapa yang penting mau bekerja dan mengurusi persatuan.

Manusia multi dimensi. Beragam potensi dimiliki. Di sekolah atau  madrasah jadi guru. Di rumah atau keluarga jadi ketua atau manager rumah tangga. Di kampung dst menjadi andalan dan acap kali menduduki pos-pos penting. Guru profesi yang luar biasa. Pergunu hendaknya bekerja secara elegan, bukan asal-asalan. Fokus memperbaiki kompetensi, meningkatkan kesejahteraan untuk memajukan pendidikan.

Pergunu telah memiliki vendor SIPLah (Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah), Belanja-24, PT Omah Teknologi Indonesia yang beralamatkan di Jl Student Castel Kledoan Caturtuggal Depok Sleman DIY 55281. Semangat kemandirian ekonomi guru menuju kesejahteraan usahnya kongkrit. Pergunu memiliki koperasi dan jejaring bisnis. Pergunu DIY turut berkepentingan menggunakan SIPLah Belanja24 dalam urusan pembelanjaan BOS dll. Demikian Samsul menambahkan info-info penting kelembagaan.

Pengurus Cabang (PC) berharap, PW Pergunu memberikan santunan akademik. Guru NU Kulonprogo membutuhkan pelatihan pembuatan karya ilmiah; artikel, kertas kerja atau jurnal. Hasil raker PW sebaiknya didiseminasikan ke PC untuk model dan referensi program. Ilyasin MPd berharap Pergunu dan Ma’arif  bersinergi tidak hanya personal tetapi juga formal. Tupoksi menjadi optimal dan berdaya guna keduanya.  

Ketua PAC Pergunu Galur, Arifudin SAg menyeru agar Pergunu menjadi organisasi yang elegan. PGRI berani menarik iuran ke bawah. PGSI berani mengadvokasi guru, tidak segan melakukan pembelaan dan mengkritisi peraturan yang merugikan. Pergunu harus hadir untuk guru. Terdepan dalam ikhtiar mengembangkan keahlian, meningkatkan kesejahteraan. Melindungi dan mengapresiasi kinerja guru di lingkungan NU.

Kunjungan kerja PW Pergunu ke Kota The Jewel of Java tersebut lancar dan efektif. Aspirasi dan inspirasi turba mengingatkan dan menguatkan perjuangan. Membersamai Kunker Ketua PW Pergunu; Supriyono Ahmad Syauqi SP (wakil ketua), dan Fauzan Satyanegara (sekretaris). Kunjungan dimeriahkan suguhan khas Kulonprogo, makanan tradisional dan citra kebun kelapa yang asri membuat nikmat dan hangatnya bersilaturahim. (Ozan)