Rindu Bulan Al-Qur’an, MTsN 4 Bantul Adakan Pesanlat Kelas 7-8

Oleh M Fatkhurrahman, SPdI

Pesantren Kilat MTsN 4 Bantul

Pergunu DIYBANTUL– Ramadhan bulan turunya Al-Qur’an. Berbagai lembaga pendidikan menyemarakannya dengan berbagai kegiatan. Kali ini merupakan Ramadhan pertama dimana masyarakat dapat bergerak lebih bebas setelah 2 kali Ramadhan di tengah wabah pandemi  Covid-19.

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Bantul merayakan Ramadhan 1443 H tersebut dengan menggelar pendidikan secara intensif melalui paket program Pesantren Kilat (pesanlat) siswa kelas 7 dan 8.

Pada hari Kamis (14/4) kegiatan pendalaman agama Islam atau pesantren kilat ini dimulai. Sesi pertama dengan peserta kelas 8. Pada sesi kedua hari Sabtu (16/4) diikuti oleh peserta kelas 7.

Dalam pesanlat ini hadirkan dua pembicara. Yaitu Ridwan Furqoni, SAg, MPdI dan Heriyadi SPdI. Ridwan berbicara mengenai akhlakul karimah dan kewaspadaan siswa di era teknologi, sedangkan Heriyadi atau yang kerap disapa Kang Blangkon mendiskusikan tentang fikih dan akidah.

Siti Solichah, SPd memaparkan, kegiatan penguatan keagamaan ini merupakan pesantren kilat luring setelah dua kali pesantren kilat daring yang agak susah dikoordinasi. “Meskipun kegiatanya cukup singkat saya harap manfaatnya dapat dirasakan oleh kalian semua”.

Mohon ikuti kegiatan dengan tertib dan terapkan belajar agama Islam dimanapun kalian berada,” tegas Siti pada sambutan pembukaan pesantren kilat (14/4).

Siswa melaksanakan pesantren kilat dengan teratur dan tetap memperhatikan protokol Kesehatan. Acara dibuka pada pukul 14.30 WIB dilanjutkan salat Asar berjamaah setelah melakukan registrasi.

Pengorganisasian peserta berjalan baik. Siswa masuk ke ruang kelas sesuai pembagian panitia untuk melaksanakan belajar tadarus bersama 8 guru pembimbing, dilanjutkan tausiyah, lalu buka bersama di masjid Baitul ‘Ilmi MTsN 4 Bantul.

Kegiatan demi kegiatan pesantren kilat kelas 7 dan 8 MTsN 4 Bantul 1443 H/ 2022 M terlaksana dengan lancar. Para peserta gembira ria mengikutinya. Nikmatnya berkumpul, bertemu teman dan guru dalam pesanlat tersebut mereka dapati. (Fat)