PKD-LKD PAC GP ANSOR-FATAYAT NU DEPOK 2022

Oleh Zainal Muttaqin, S.E, M.E*)

PKD-LKD GP Ansor Kapanewon Depok

Pergunu DIYDEPOK– Jum’at – Ahad/ 28 – 30 Januari 2022, Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC GP) Ansor – Fatayat NU Kapanewon Depok adakan lagi Pelatihan Kepemimpinan Dasar-Latihan Kader Dasar (PKD-LKD). PKD-LKD ini dilaksanakan selama 3 hari, bertempat di Pondok Pesantren Sunni Darussalam. Adapun tema utamanya yaitu “Revitalisasi Kader Militan, Inovatif dan Berhaluan Aswaja An-Nahdliyah”.

Antusias peserta yang mengikuti PKD-LKD kurang lebih sekitar 50-an peserta, yang terdiri dari 8 perempuan dan sisanya laki-laki.

Terdapat 12 materi yang wajib diikuti peserta selama 3 hari, di antaranya: (1) Orientasi pengkaderan, peraturan dan tata tertib, pre-test, (2) Keorganisasian dan kepemimpinan, (3) Ke-Indonesia-an dan kebangsaan, (4) Ahlussunnah Wal Jamaah, (5) Ke-NU-an, (6) Dalil-dalil amaliyah dan tradisi keagamaan NU, (7) Ke-GP Ansor-an atau Ke-Fatayat-an, (8) Pengenalan aturan organisasi GP Ansor atau Fatayat, (9) Problem Solving, (10) Out Bound dan Rihlah, (11) Rencana kerja dan tindak lanjut (RTL) serta post-test, dan (12) Prosesi pembaiatan PKD dan LKD.

Pada hari terakhir Ahad/ 30 Januari 2022, sebelum prosesi pembaiatan. Sahabat Suyanto sebagai salah satu pemateri menyampaikan harapan dan ajakan kepada seluruh peserta, agar bisa mengajak minimal 1-5 orang di daerahnya masing-masing untuk ikut bergabung menjadi anggota Ansor atau Fatayat.

Selain itu, sahabat Niken yang merupakan salah satu peserta Fatayat menambahkan bahwa perjuangan Ansor dan Fatayat bukan hanya di ruang PKD-LKD saja. Melainkan pada saat setelah di baiat menjadi kader Ansor dan Fatayat. Tentunya, perjuangan tersebut dapat berjalan dengan adanya bimbingan dari pengurus Ansor maupun Fatayat.

Terakhir dari sahabat Ikhsanuddin yang memimpin langsung prosesi pembaiatan PKD dan LKD. Memberi pesan kepada peserta yang belum dinyatakan lulus, agar dapat menyelesaikan materi yang belum diikuti di PKD-LKD berikutnya yang akan direncanakan di Prambanan Sleman Yogyakarta.

*) Peserta PKD-LKD PAC GP Ansor-Fatayat NU Kapanewon Depok 2022