PERGUNU BANTUL JALIN MITRA PUSAT DAN PEMDA

Audiensi Bupati Kerabat Kerja Pergunu Bantul
Audiensi Bupati Kerabat Kerja Pergunu Bantul

Pergunu DIY –BANTUL–  Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih menerima audiensi Pengurus PC Pergunu (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama) Bantul di ruang kerjanya pada Senin (17/1/2022). Dalam pertemuan yang dikomandani Fauzan Satyanegara selaku Sekjend PW Pergunu DIY menyampaikan maksud kedatangan rombongan persatuan bersilaturahim bapak bupati. Pergunu merupakan organisasi profesi guru, ustadz, dan dosen nahdliyyin yang berkhidmat di sekolah, madrasah, pondok pesantren pun perguruan tinggi.

Hadir dalam audensi jajaran pengurus PC Pergunu Bantul, Drs Miftakhul Bakhri, MPd (Ketua Umum), A Amali Kurniawan, MPdI, MPd (Sekretaris Umum), Khulil Khasanah, MPd (Bendahara umum), Thibyani Mubarok, SPdI (Wakil Bendahara), Parna, SH,  Anwar Munajib, SThI (Koord Divisi Hukum, Advokasi, dan Perlindungan Profesi Guru), dan Rohmat Agus Salim SAg (Ketua PC Pergunu Kulon Progo).

Ketua Pergunu Bantul Drs Miftahul Bakhri MPd menyampaikan perkenalan pengurus dan berbagai program organisasi. PC Pergunu Bantul periode ke-2 terbentuk sejak bulan November 2021. Sebagai organisasi profesi Pergunu Bantul siap bekerja sama dengan stake holder, pemerintah dan swasta. Pergunu Bantul saat ini telah bermitra dengan pemerintah pusat dalam Program Organisasi Penggerak (POP) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Miftahul Bakhri berharap terjalin sinergisitas Pemda dan Pergunu. Penganggaran insentif kesejahteraan guru non PNS disetarakan, terutama bagi GTT/ GTY di semua jenjang (pra TK/ PAUD, TK/ RA, SD/ MI, SMP/ MTs, dan SMA-SMK/ MA). Perlunya peneyesuaian insentif dengan masa kerja. Guru-guru yang tergabung dalam Pergunu diperkenankan memanfaatkan fasilitas Pemda untuk kegiatan pengembangan ataupun diberikan akses keguruan lain. Demikian Taul menghaturkan.

Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih mengucapkan selamat atas terbentuknya PC Pergunu Bantul 2021-2026. Kami menyambut baik atas terbentuknya kepengurusan baru semoga Pergunu kuat dan memberi manfaat kepada masyarakat. Pemda berterimakasih dan berupaya untuk menaikkan insentif bagi peningkatan kesejahteraan guru non PNS, terutama di lembaga satuan pendidikan sekolah madrasah/ yayasan.

Halim menerangkan, terjadi banyak ketimpangan pendidikan baik aspek kesejahteraan maupun kompetensinya. Rasio jumlah guru dan siswa di sekolah atau madrasah swasta kurang proporsional. Ada sekolah yang muridnya banyak gurunya sedikit dan sebaliknya, sehingga berdampak pada keruwetan pengelolaan di daerah. Pendidikan terguncang oleh masalah yang bukan esensial. Aturan Pusat dan kebijakan P3K, inpassing dan sertifikasi menyisakan banyak masalah di daerah.

“Semua institusi pendidikan termasuk guru harusnya lebih fokus pada layanan pengajaran. Kesejahteraan guru, insentif dan biaya operasional sudah ada yang memikirkannya.” Demikian jawab Bupati di hadapan guru-guru yang tergabung dalam Pergunu saat bersilaturahim di kantor kerjanya, Pemda Bantul.

Siapa yang kompeten dan lebih ahli, dialah pemenang kompetisi.  Oleh sebab itu, skil dan kompetensi guru harus senantiasa ditingkatkan. Pemda akan memperbaiki kesejahteraan dan mutu pendidikan. Sekolah madrasah hendaknya berlomba-lomba memberikan jasa pendidikan yang terbaik. Ukuranya prestasi. Keberhasilan pendidikan bilamana murid-murid dapat mencapai target-target pembelajaran.

Tantangan Pemda tidaklah mudah. Tuntutan kebutuhan pembangunan semakin besar. Namun pendapatan negara melalui pajak menurun akibat pandemi covid-19. Problem besar pendidikan bukah hal eseisial, misalnya kurikulum, metode pengajaran. Namun masalah kesejahteraan.  Hak-hak guru masih timpang. Hal demikian tidak boleh menjadi penghalang pun hambatan kemajuan. Demikian bupati berputra dua tersebut menguatkan.  

Pemda berkomitmen menjadikan Kabupaten Bantul, Sahara Van Java-nya masyarakat Projotamansari untuk menjadi pusat pendidikan terkemuka di DI Yogyakarta. Mekanismenya sedang dibuat untuk dilaksanakan. Tolak ukurnya prestasi siswa dan keberhasilan pembelajaran bapak ibu guru. Langkah Pemda Bantul menjalin kerjasama dan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak, dengan Pergunu diantaranya. (Amali)