PW Pergunu DIY Berangkatkan Mahasantri Ke Bumi Majapahit

Pembekalan Mahasantri Oleh Ketua Pergunu DIY
Pembekalan Mahasantri Oleh Ketua Pergunu DIY

Pergunu DIY –Mojokerto– Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) DIY memberangkatkan lima penerima beasiswa pada Institut Pesanatren KH Abdul Chalim (IKHAC) Pacet Mojokerto Jawa Timur, pada Ahad (19/9/21). Samsul Ma’arif Mujiharto memberikan ucapan selamat dan wejangan kepada penerima beasiswa untuk memanfaatkan Beasiswa Naisonal Pergunu 2021/2022 secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

Sebanyak tiga ratus penerima beasiswa nasional hasil kerja sama Pimimpinan Pusat (PP) Pergunu  dan IKHAC. Alhamdulillah kuota beasiwa DIY untuk program sarjana, magister dan doktoral terisi semuanya, meski minus satu kursi program S1 yang yang kemudian diperuntukkan provinsi lain. Jaga amanah dan kepercayaan. Jangan banyak mengeluh, kekurangan dan permasalahan pasti ada. Retas dan hadapi dengan kesabaran. Demikian imbuh Ketua Pergunu DIY tersebut menggugah beasiswan.

Pergunu DIY berkepentingan bersama organ organisasi Nahdlatul Ulama (NU) lainya untuk  turut serta berperan aktif mempersiapkan sumber daya pendidikan yang unggul dalam pengembangan mutu dan akses. Pemberangkatan beasiwan Pergunu DIY tahun ke-7 ini harapanya dapat berkontribusi menaikkan kompetensi dan daya saing guru sebagai bekal utama memenangi persaingan di semua bidang kehidupan.

Nesa Puspawati (21) salah satu dari 218 penerima beasiswa program sarjana mengatakan senang bisa kuliah di IKHAC. Lulusan tata busana ini sangat berkesan mendapati kesempatan kuliah. Dara pengidola RA Kartini ini ingin lebih rajin dalam mengikuti perkuliahan. Nesa dengan jurusan Komunikasi Penyiaran Islam pilihanya bertekat kelak menjadi penggerak kemajuan bangsa seperti halnya pahlawan emansipasi perempuan RA Kartini.

Ashari (26) bersyukur menjadi salah satu dari 63 penerima beasiswa nasional program pascasarjana IKHAC tahun akademik 2021/2022. Pria kelahiran Kulonprogo 1995 tersebut ingin beristiqamah dalam mencari ilmu dan mendapatkan berkah guru-guru Amanatul Ummah. Pengidola KH Wahab Chasbullah ini berharap teman-temannya kelak bisa mendapatkan kesempatan kuliah strata dua seperti dirinya.

Sementara itu, Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama (SDNU) Sleman, Fauzan menjelaskan, beasiswa S3 PP Pergunu Tahun 2021 merupakan anugerah pun amanah. Impian kuliah doktoral beasiswa terbesit sejak lama. Umumnya program S3 diperuntukkan bagi dosen. Namun demikian Allah Maha Pemurah dan Maha Berkehendak. Biqadrillah tiket beasiswa S3 IKHAC didapatkan. Demikian Kepala Sekolah SDNU Sleman (2015-2018) tersebut menambahkan.

Sebelumnya diwartakan PW Pergunu DIY membuka beasiswa S1, S2, dan S3 kuliah di Institut KH Abdul Chalim (IKHAC) Pacet Mojokerto Jawa Timur, pada Selasa (25/05/21). Beasiswa meliputi biaya uang gedung, sumbangan pembinaan pendidikan, asrama pesantren, dan pengajian pesantren.

Pemberangkatan penerima beasiwa PW Pergunu DIY Tahun Akademik 2021/2022 berjalan lancar. Dedication of New Student, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (DNS-PKKMB) dilaksanakan pada 25-27 September 2021 dan kuliah perdana pada semester gasal dimulai pada 29 September 2021. Mahasiswa diberikan waktu 8 semester untuk S1, 4 semester untuk S2, dan 6 semester untuk S3. Demikian Wakil Rektor IKHAC, Dr Affan Hasnan Mubarok MPd menegaskan. (Fau)