Sukses Konferensi Pertama Pergunu Kulonprogo Momentum Tingkatkan Mutu Guru

Konferensi I Pergunu Kota Menoreh
Konferensi I Pergunu Kota Menoreh

Pergunu DIY –Wates– Konferensi Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Konfercab) Pergunu Kulonprogo berlangsung lancar dan produktif. Pagelaran lima tahunan yang diselenggarakan pada Sabtu 27 Nopember 2021 di SMK Ma’arif 1 Wates memastikan roda organisasi berjalan baik. Terpilih pimpinan baru Rohmat Agus Salim SAg-Musonnif SS sebagai ketua-sekretaris.  

Konferensi cabang sukses terlaksana. Guru dari berbagai penjuru kabupaten berhimpun dan bermufakat menyelesaikan agenda pokok konferensi kali pertama Pergunu di Kabupaten pimpinan Sutedjo ini. Konferensi berhasil menjaring 35 guru terbaik negeri dan swasta nahdiyyin di 17 kapanewon Kota West Prog untuk menjadi pengurus Pergunu Kulonprogo Masa Khidmat 2021-2026.

Wakil ketua PC NU Kulonprogo, H Rahmat Raharjo SPd MPdI, memberikan apresiasi kepada segenep pengurus lama atas kiprahnya menjalankan amanat dengan baik penuh dedikasi dan militansi. Hal baik dan capaian kemajuan pengurus lama hendaklah diteruskan pengurus baru nantinya. PC NU Kuloprogo mendukung penuh guru-guru di manapun berkhidmah untuk maju, memberi manfaat masyarakat, dibidang pendidikan warga nahdiyyin khususnya.

Kami bersyukur ada virus semangat guru-guru NU Kulonprogo yang mulai nampak berkiprah diberbagai instansi pendidikan negeri dan swasta. Guna mencapai kemajuan kolaborasi harus diperkuat. “Dinas Pendikannya PC NU Kulonprogo ya LP Ma’arif NU dan PGRI-nya ya Pergunu”. Ini aset luar biasa di masa krisis wabah covid-19 guru-guru persatuan terus melakukan terobosan dan usaha-usaha pembangunan pendidikan.

Kami berharap Pergunu menjadi mitra terbaik seluruh fihak. Mampu menyuarakan hak-hak keguruan dan sekaligus mutu profesionalitasnya terus dikembangkan.  Silahkan fasilitas SMK Maarif 1 Wates ini dipakai untuk kegiatan Pergunu. Kami sudah wakafkan room meeting ini untuk kepentingan NU. Demikian Rahmat yang juga kepala sekolah berprestasi nasional, PBNU 2021 ini menegaskan.

Ketua PW Pergunu DIY, Samsul Ma’arif Mujiharto bangga PC Pergunu terdepan dan responsif. PW berharap konfercab mampu menghasilkan kepengurusan yang militan dan manajemen yang baik. Jangan menjadi ombak yang hanya besar buihnya. Pergunu nyata tantanganya dan besar peluangnya.  Pergunu jamiyyah yang memperkuat dan menyatukan. Organisasi profesi yang wajib andil menjadi penentu arah kebijakan publik.

Laporan pertanggung jawaban pengurus lama diterima bulat wajar tanpa pengecualian. H Drs Najmudin MPd mantan ketua PC Pergunu Kulonprogo periode 2016-2021 menyampaikan terimakasih telah membersamainya berkhitmah sekaligus mohon maaf atas kekurangan selama enam tahun menahkodai Pergunu.

Jangan rebutan endo menjadi pengurus. Yakinlah Pergunu organisasi yang dinaungi dan diridloi para pendiri NU. Jalan menuju kejayaan ada dipundak kalian. Pergunulah penggerak kemenangannya. Demikian pungkas Najmudin yang juga pengusaha meuble kayu glugu khas Kota Menoreh, The Jewel of Java ini. Bj