Fak Tarbiyah UNIDA Gontor Kunjungi PP Diponegoro Yogyakarta

PERGUNU DIY –DEPOK– Dalam rangka Studi Pengayaan Lapangan (SPL) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor melakukan sejumlah kunjungan di berbagi lembaga pendidikan di Yogyakarta yakni, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), PP Diponegoro Yogyakarta, SLBN 1 Yogyakarta, dan SDIT Alam Nurul Islam Gamping, pada Sabtu-Senin (23-25/7/2022).  

Sebanyak 68 mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor dengan didampingi 3 dosen pembimbing berkunjung ke Pondok Pesantren (PP) Pangeran Pangeran Diponegoro Sembego Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta.

Maksud kunjungan ini adalah untuk menimba wawasan terkait perjuangan para pendiri Ponpes Pangeran Diponegoro. Karena saya yakin, pesantren Diponegoro didirikan penuh dengan perjuangan dan para mahasiswi ini tidak menutup kemungkinan akan ada yang mendirikan pesantren. Demikian disampaikan Dr. Cecep Sobar Rochmat., M.Pd, dalam sambutannya.

KH Saliman SAg mengucapkan selamat datang dan bersyukur karena banyak alumni PP Pangeran Diponegoro yang melanjutkan Pendidikan ke Pondok Pesantren Modern Gontor. Demikian juga, setiap tahun sebelum wabah corona 19 selalu ada mahasiswa melakukan pengabdian di PP Pangeran Diponegoro. Lebih lanjut, kyai Saliman berharap ada kerjasama yang baik antara Diponegoro dan UNIDA Gontor Ponorogo.

KH Muhammad Syakir Ali MSi dalam mauidlohnya menyampaikan bahwa ketika mendengar nama Gontor adalah terbayang orang-orang hebat. Saya berharap Diponegoro kelak bisa seperti Gontor, dan pesantren-pesantren besar lainnya.

Sedangkan bapak KH Drs Jambari menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para mahasiswa seputar program, lembaga, dan hal-hal berkaitan dengan Ponpes Pangeran Diponegoro. Saat ini memiliki sejumlah lembaga pendidikan non formal dan formal. Lembaga non formalyakni Pondok Pesantren, SLK, PKBM, BLK, dan RSB. Lembaga formal PP Diponegoro yaitu RA/TK, MI/SD, SMP, SMK, dan MA. (Zai)