Kabul di Bantul Menyusul di Gunungkidul, Guru NU Terus Merapikan Isu Perjuangan

Kunjungan Kerja di PC Pergunu Bantul
Kunjungan Kerja di PC Pergunu Bantul

Pergunu DIY –Pleret– Mendengar langsung suara warga perkara mudah dan berfaedah. Kenyataan di lapangan menjadi referensi dan data penting bagi para pengambil keputusan. Masalah kesejahteraan, mutu guru dan tenaga kependidikan, advokasi dan apresiasi guru menjadi sentra garapan program Pergunu DIY. Organisasi profesi seperti halnya Pergunu berkepentingan mengetuk jendela membukakan pintu sehingga para pemangku kebijakan serius memajukan pendidikan dan sigap merespon masalah kesejahteraan.  

Pemerintah Daerah (Pemda) Bantul telah memberikan insentif guru-guru madrasah. Kebijakan Pemda tersebut merupakan respon positif atas perjuangan dan kesigapan guru-guru wiyata  bakhti madrasah menyuarakan hak-hak kesejahtreaanya dalam rangka turut serta menjadi mitra strategis Pemda dalam usaha memajukan pendidikan warganya.

Berikutnya Pemda Gunungkidul akan serupa. Pemberian insentif  semoga berproses karena Bupati terpilih, Sunaryanta-Heri Susanto, masa bakhti 2021-2024,  telah menyepakati kontrak politik dengan guru-guru wiyata bakhti madrasah. Demikian kisah Heriyadi SPd dalam turba PW Pergunu DIY di PC Pergunu Bantul.

Miftahul Bakhri, MPd berharap PW Pergunu memberikan kontribusi, dalam artian bukan hanya hal dana tetapi juga perhatian, support agar organisasi betul-betul berdaya dan memberi kemanfaatan teman-teman guru, baik yang di negeri terutama yang di swasta, lebih kusus tentang kesejahteraan guru karena teman-teman masih di bawah upah minimum regional (UMR). Demikian pinta Ketua PC Pergunu Bantul tersebut saat menerima kunjungan kerja PW Pergunu, Jumat (22/10/21). 

Ketua Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Samsul Ma’arif Mujiharto mengajak guru-guru NU berhimpun bersama untuk maju. Melakukan konsolidasi organisasi dimulai dari cabang-cabang sehingga gerakan Pergunu DIY menjadi semakin efektif. Kalau kita kuat, jumlahnya besar, merapikan isue perjuangan dan tepat menyuarakan maka akan berdampak. Pergunu memiliki efek kemanfaatan, ada untungnya orang berpergunu. Demikian tambah Samsul menguatkan.

Silaturahim yang penting, makan-makan hanyalah kembangnya perjumpaan. Wafauqa majlisul’ilmi silaturahim. Turut hadir dalam kunjungan kerja ke-4 PW Pergunu DIY 2021 di PC Pergunu Bantul membersamai Ketua Samsul Ma’arif Mujiharto yakni, Supriyono Ahmad Syauqi STP (Wakil Ketua), Heriyadi SPd (Wakil Ketua), Rahmah Attaymini MA (Bendahara), Mohammad Yasfi Kandias SPsi (Wakil Sekretaris), dan Fauzan Satyanegara (Sekretaris), Thibyani Mubarok SPd (Div Ekonomi Koperasi), dan Parna SH (Div Hukum, Advokasi dan Perlindungan Profesi Guru). Bj