Pastikan ELTT Guru Berjalan Mulus, Kaprodi Sanstra Inggris Turun Gunung

World Learning
Elteach, Teach English with Confidence

Pergunu DIY β€“DEPOK– Program peningkatan kemampuan mengajar guru-guru Bahasa Inggris, English Language Teacher Training (ELTT) telah sampai pada separuh perjalanan. Kaprodi Sastra Inggris Fak Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga, Ulyati Retno Sari SS MHum turun gunung memastikan Peer Learning Hub (PLH) dapat menyelesaikan Kursus English for Teaching sesuai capaian unit yang diprogramkan.

Ulyati Retno Sari SS MHum nampak ceria dan apresiatif bahwa partisipan ELTT dari MA Sunni Darussalam Tempelsari, PP Tamrinut Tullab Polosuking, dan MA Diponegoro Yogyakarta Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Sembego Maguwoharjo dengan pelatih Febrianti Dwiratna Lestari, S.S.,M.A progresnya sangat baik.

Kami berharap partisipan ELTT sukses dan mendapatkan kredensial dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Kursus dan lokakarya pertama English for Teaching sedari Agustus 2022 telah selesai. Berikutnya kurus dan lokakarya kedua Professional Knowledge to ELT sampai pada 11 Desember 2022. Demikian kata ketua Prodi Sastra Inggris peraih Akreditasi Unggul BAN PT 2021 tersebut optimis.

Akif Muhammad partisipan dari PP MA Diponegoro mengatakan World Learning telah membantu kami bagaimana cakapan mengajar, memanaj kelas, memahami dan mengkomunikasikan isi pelajaran, menilai pekerjaan murid, serta bagiamana memberi tanggapan dengan Bahasa Inggris.

Hifni B Ruwaida partisipan dari MA Sunni Darussalam Tempelsari menyatakan World Learning dengan programnya Teach English with Confidence (Elteach) yang sistemik dan setiap materinya dikemas apik dengan teknologi tinggi oleh National Geographic Learning menjadikan belajar terasa makan kacang, tidak ingin berhenti sebelum habis materi pada setiap unitnya.

Sementara itu Zahwa A Fiddaraini partisipan dari PP Tamrinut Tullab menuturkan, Elteach mampu menggerakkan partisipan bagaimana membangun rasa percaya diri. Tak terasa kursus dan lokakarya ELTT Program sudah dua bulan menjalaninya. Demikian dara berparas cantik tersebut menambahkan di sela-sela mengikuti sesi Workshop Overview ELTT Program pada Jumat, 23/9/22 di MA Diponegoro Yogyakarta.

Perlu diketahui bahwa ELTT merupakan program konsorsium yang didukung penuh Kementerian Agama RI, Regional English Language Office (RELO), dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Ada 280 guru madrasah dan pesantren yang tersebar di 20 provinsi se Indonesia yang berpartisipasi dalam program peningkatan kemampuan mengajar guru Bahasa Inggris. Program ini akan berakhir pada 18 Desember 2022. (Ozan)