PP Pergunu Canangkan Kepengurusan di Jawa sampai PAC

PP Pergunu Canangkan Kepengurusan di Jawa sampai PAC
PP Pergunu Canangkan Kepengurusan di Jawa sampai PAC

Pergunu DIY, Mojokerto – Pengurus Pusat (PP) Pergunu mengadakan halaqah jamiyyah di Institut Pesantren Abd. Chalim Pacet Mojokerto Jawa Timur. Hadir dalam halaqah akbar tersebut Pengurus Wilaya (PW) Pergunu Nusa Tenggara Barat (NTB), PW Pergunu Bali, PW Pergunu Jawa Timur, PW Pergunu Jawa Tengah, PW Pergunu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), PW Pergunu Banten, PW Pergunu Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, PW Pergunu Lampung, dan PW Pergunu Sulawesi Utara. Dinamika perkembangan dan persoalan Pergunu di berbagai wilayah di Indonesia dilaporkan dan dipaparkan.

PW Pergunu Jawa Timur telah merampungkan pembentukan kepengurusan 36 dari 38 PAC. Badan otonom NU yang bergerak dijalur pendidikan  yang dipimpin H. Sururi memiliki sistem beasiswa bertingkat. Yakni beasiswa pusat, beasiswa regional, dan beasiswa tim sukses.

Selain program beasiswa Pergunu Jatim melakukan pendekatan Kementerian Agama Ri sehingga Bantuan Operasional Sekolah  (BOS) pemerintah daerah tidak hanya untuk sekolah namun juga dikucurkan kepada madrasah. Pergunu yang berada di wilayah terluas Pulau Jawa ini sedang melakukan advokasi agar madrasah mendapatkan Biaya Operasional Madrasah (BOM) dari pemerintah.

PW Pergunu Jateng telah memiliki  80 ribu anggota yang tersebar di 35 pengurus cabang. Pendaftar dan rekrutmen anggota diberikan kartu anggota dengan infak 50 ribu berlaku lima tahun.

Ketua Pergunu Jateng H. Mohamad Faojin mengatakan Pergunu Jateng berkomitmen meningkatkan mutu SDM, ditempuh pemberian beasiswa kuliah dengan bekerja sama perguruan tinggi swasta dan negeri. Menyetarakan dan meningkatkan kompetensi guru dengan menempuh pendidikan di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Semarang diantaranya.

Kiprah Pergunu NTB cukup menggembirakan. Satu-satunya PW Pergunu di Indonesia yang diketuai perempuan adalah NTB, Baiq Mulianah namanya.  PW Pergunu NTB sukses menjalin kolaborasi, golong gilig dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB. Kampus yang juga dipimpin Baiq Mulianah tersebut menjadi lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan kepala sekolah/ madrasah.

Tidak kurang dari 2000 kepala sekolah/ madrasah yang telah mendapatkan diklat kepemimpinan di universitas kebanggaan nahdiyyin provinsi timur Indonesia ini. PW Pergunu yang memiliki jangkauan kerja 10 PC Pergunu tersebut dalam waktu dekat akan menggelar hajat organisasi, konferensi wilayah I tahun 2021.

Provinsi Bali  memiliki 9 kabupaten/kota. Yaitu Kabupaten Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan, dan Kota Denpasar. PW Pergunu Bali berharap dengan jangkauan pembentukan kepengurusan 57 PAC tahun 2021 Pergunu Pulau Dewata memiliki unit mobil ambulan sehingga Pergunu di kota yang pernah digunakan dalam perhelatan internasional konferensi APEC ini tersyiar secara luas dan memberi manfaat nyata.

Dalam upaya kesejahteraan guru kami bermitra dengan PT. Talitha dan  dalam upaya penguatan militansi kami adakan pendidikan pengkaderan, demikian H. Makhfudh Ketua PW Pergunu pulau seribu pura tersebut memaparkan.

PW Pergunu DKI Jakarta berada di wilayah administrasi ibu kota negara. Dekat dengan pusat pemerintahan, kantor-kantor Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan sentra-sentra perusahaan swasta dan asing. Badan otonom keguruan PWNU DKI Jakarta ini memiliki jangkauan wilayah kerja 6 PC dan 44 PAC.

Ditengah-tengah perjuangan peningkatan profesionalitas guru dan kesejahteraan tenaga pendidikan Luthfi Hakim Wahid  ketua PW Pergunu Batavia ini berhasil memperluas jejaring kemitraan dengan BUMN, Balai Pustaka diantaranya. Jika teman-teman Pergunu miliki program cetak buku bisa kami bantu, pria ganteng yang juga pejuang kaum marginal kota ini menambahkan.

Hadir ditengah-tengah halaqoh sesepuh NU, Prof. Dr. KH. As’ad Said Ali memberikan arahan. Guru memiliki penghasilan dan rutin. Jika pergunu sebagai organisasi profesi dikelola dengan baik istimewa tentunya. Kesejahteraan dan profesionalitas guru ditingkatkan. Mari kembali ber NU yang benar. Idealisme keislaman kita ahlussunah waljamaah an-nahdiyyah diamalkan, dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat. Kemandirian organisasi harus dibangun. Mendirikan koperasi konsumsi atau BMT silahkan, jalan saja, yang penting harus dikelola dengan prinsip-prinsip ekonomi yang betul. Jamaah kita itu anggotanya banyak namun sumber daya manusianya yang minim. Pergunu hendaknya memperkuat organisasi melalui konsolidasi dan pendidikan pengkaderan untuk guru-guru, imbuh tokoh nasional yang juga Ketua Dewan Pembina PP GP Ansor tersebut menguatkan.

Pergunu badan otonom NU yang loyal. Idealilsme kebangsaan yang bhinneka tunggal ika terus memupuk jiwa persatuan dan kesatuan insan pergunu dalam mensyukuri rahmat kemerdekaan. Ukuwah insaniyah, basyariah, dan watoniyah menjadi nilai-nilai perjuangan dan modal pembangunan.

Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, Ketua Umum PP Pergunu mengajak semua pengurus bekerja keras mengurus guru, mengurus umat, mengurus NU. Tugas pergunu membantu guru meningkatkan kompetensi keilmuan dan profesionalitas. Jangan pernah ada kata tidak bisa! Pergunu kuat bilamana membuat jaringan sampai ke tingkat RT.

Pergunu yang besar akan memberikan barokah. Kita bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Saya memiliki keinginan keras mengumpulkan pengurus di majlis halaqah ini, Jangan berkecil hati, kita hanyalah kalah dipublikasi. Mari membesarkan pergun di Jawa dengan membentuk jejaring kepengurusan sampai ke tingkat pengurus anak cabang (PAC).

Tahap berikutnya di luar Pulau Jawa; Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, misalnya. Pergunu menjadi bagian penting perebutan dominasi idealisme kebangsaan yang dibangun para founding fathers NKRI, baldatun toyyibatun warobbun ghofur. Kedepan calon presiden yang didukung pergunulah yang akan terpilih, imbuh Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah memberi spirit para pengurus wilayah Pergunu se-Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.